Adat Istiadat Kota Batu, Tinjauan Sosiokultural
Oleh: Slamet Hendro Kusumo – Satupena Jawa Timur
Fakta historis adat istiadat Kota Batu, dikenal sebagai daerah persilangantigakerajaan, dengan berbagai artefak bertebaran di berbagai tempat, sebagai produkkultural dari Kerajaan Singasari, Kerajaan Majapahit, Kerajaan Kediri. SedangkanKerajaan Medang Kemulan hanya ada di candi Songgoriti, itupun telah terjadi interaksi dengan Kerajaan Majapahit, berikutnya hanya ditemukan di satu tempat sajayakni di daerah Songgoriti. Latar belakang persinggahan tiga kerajaan tersebut, masyarakatnya tumbuh dan hidup di lembah yang dikelilingi oleh sejumlah gunung. Mulai dari Gunung Arjuno, Gunung Biru, Gunung Banyak, Gunung Bokongdan Gunung Panderman, serta sejumlah bukit. Ruang lingkup akitifitas ekonomi atauruang produktif hanya 40%, sedangkan yang 60% adalah Gunung, dari luas wilayahKota Batu, diperebutkan dengsn berbagai kepentingan.
Masyarakatnya hidup dengan mata pencaharian berbasis agraris. Sekarang, setelah Kota Batu yang berawal dari Kecamatan Batu, menjadi kota administratif Batudan berubah menjad Kota Madya Batu, komposisi mata pencaharian lebih dominansebagai kota pariwisata. Sedangkan masyarakat agraris menjadi terdesak danmengarah menjadi masyarakat jasa (pariwisata).
Van Peursen: Hakikatnya kebudayaan meliputi segala manifestasi dan kehidupan manusia berbudi luhur, serta bersifat rohani. Namun dewasa ini, kebudayaan diartikan sebagai manifestasi kehidupan setiap orang dan setiap kelompok orang.
Melihat dengan seksama, karakter dan identitas masyarakat Batu, adalahmasyarakat yang inklusif, hidup dalam perubahan. Oleh karenanya adat istiadat KotaBatu adalah adat istiadat alkulturasi, dikenal dengan budaya lor brantas dan budayakidul brantas. Pemahaman alkukturasi yang dimaksud, ialah campuran atau interaksi budaya bawaan pendatang dari berbagai wilayah di Pulau Jawa, yang dominanmewarnai gaya hidup kultural, di dalam komunikasi dan relasi sosialnya.
Dengan demikian kekhasan tersebut, adalah proses campuran dari migrasi yang beragam adat istiadatnya. Tentunya nilai-nilai gaya hidup kultural itu didasarkanatas konvensi-konvensi masyarakat lokal. Sebenarnya ada sumber-sumber lain yangbelum digali secara serius. Sumber-sumber itu tentu saja memiliki kekhasan yang lebih khusus (diferen), yang bisa digali dari legenda, mitologi, bedah krawang, tradisi punden dan cerita-cerita foklor, juga fabel. Menarik juga, perlu digali tentangimajinasi legenda gunung yang mengelilingi Kota Batu. Semua itu bisa dijadikansumber penciptaan yang akan melahirkan kekhasan daerah. Maka Lembaga Adat Desa (LAD), memiliki peran strategis berfungsi sistemik untuk menggali, mendokumentasi riwayat kultural, secara serius.
Pitutur Luhur: Andhap Asor, artinya jika kebiasaan dan perilaku memiliki sikap rendah hati, maka akan memperoleh keutamaan hidup. Keluhuran akal tersebut juga menjadikan seseorang tidak sewenang-wenang secara lahir batin. Maka akan terbuka, menghargai terhadap perbedaan dengan siapapun (inklusif).
Kota Batu berada dalam ketinggian, sebagaimana dalam rapat penting (pleno) Dewan Kesenian Jatim (DKJT), telah ditetapkan sebagai wilayah kultural datarantinggi. Mengingat masyarakat agraris Kota Batu telah memproduksi kultural denganciri inklusif, lugas, santun, ramah tamah, patembayan, kreatif, juga bersifat Wah, Weh, Woh. Wah artinya yang tampak di luar/eksitansialis, bersifat gelar. Weh artinya donoweweh, suka memberi, bersifat gelar. Sedangkan Woh adalah buah hasil dari tindakanyang sudah dipastikan bersifat gulung. Ketiga sesanti itu merupakan filosofi klausalitas.
Mulder: Mengatakan bahwa masyarakat Jawa, sesungguhnya dalam hal kepribadian, hampir sama bersifat sosial.
Dalam hal ini karakter dan identitas, juga tersirat dan tersurat dalam lambang Kota Batu. Menyimbulkan keluhuran semesta alam dan manusia hidup di dalamnya. Sesanti (ajaran luhur), Hakarya Guna Mamayu Bawana (candra sengkala), berdiri pada tahun 1934 Jawa/1422 H. Serta Sesanti Praja Hanggayuh Luhuring Panembah (surya sengkala). Kedua Sesanti itu saling mengikat, holistik dan manunggal. Bentukabstraksi konsep ideologis ini merupakan kode etik dan moral. Melukiskanmasyarakat Batu dalam adat istiadat lebih ditekankan Guyup Rukun, bersama-samaserta kreatif untuk menghiasi keindahan semesta alam, dengan kebajikan, kebaikan, serta menjaga sistem mikrokosmos dan makrokosmos. Artinya lokal genius ini menjadi moral forse, tentang kelangsungan ekosistem dan ekokultural. Selayaknya ideologi tersebut menjadi konsep pembangunan hari ini dan masa yang akan datang (strategi kebudayaan).
Serat Jaya Baya, tentang cakra manggilingan, jaman iku owah gingsir. Artinya hidup itu bagaikan roda, terus berputar. Zaman itu selalu berubah. Sejarah dunia merupakan ritu kala (waktu) yang akan selalu berputra, ada zaman makmur, sejahtera ada kalanya zaman kacau balau, ada baik, ada buruk, ada makmur, ada mlarat silih berganti menghampiri nasib manusia.
Sedangkan pemerintah (eksekutif dan legislatif) sebagai pemegang kendali regulasi memegang teguh keteladanan, bermoral populis. Sebab cerminan moral
pemerintah seharusnya dilakukan secara sistemik dan eksekusinya merujuk sesanti lambang Kota Batu. Intinya konsep ideologi Kota Batu adalah Kota Bernuansa Desa.
Jika kedepannya kalau Kota Batu berubah seperti yang terjadi Singapura, alawesternisasi, maka akan kehilangan diferensiasinya. Bintik-bintik produk massal, hari
ini sudah berkembang, sebagai budaya Snowbis, hiburan dan cenderung memujaartifisial, sehingga produk semacam ini banyak pesaingnya. Oleh sebab itu perlupembetasan-pembatasan investasi yang bertolak belakang pada ideologi Kota Batu, perlu perhatian serius.
Relasi sosial budaya, khususnya adat istiadat tidak saja memuat nilai-nilai tentang kebiasaan-kebiasaan yang sudah ada (genetik) namun juga perlu pengembangan-pengembangan pemikiran yang futurisik, tanpa menisbikan warisanbudaya klasik. Akan tetapi sirkulasi proses penciptaan, selayaknya ditingkatkan, tidak hanya berputar-putar menciptakan produk kompilasi, akan tetapi penciptaan dikonstruksi juga dipentingkan sekali. Karena proses adat istiadat, sebenarnya adalahriset perjalanan empirik, berbentuk abstraksi. Perkembangan itu disesuaikan dengan perkembangan zaman. Agar mampu membuat tanda zaman, anak zaman, yang bervarian produk kulturalnya.
Terry Eagleton: Kebudayaan memiliki arti bukan saja eksklusif, melainkan juga kolektif terhadap identitas itu sendiri.
Hal inilah sangat dibutuhkan pemikiran inklusif dari semua pihak terkait. Perlu disadari juga, bahwa nilai adat istiadat juga penuh dengan dinamika, terkait
tentang kebenaran, keindahan dan manfaat. Sebab nilai itu ada yang bersifat subjektif (selera), objektif (ada pembanding), konvensi (hasil kesepakatan), fakta (apa yangsudah terjadi). keempat nilai ini selalu bertabrakan satu sama lainnya karena kepentingan masing-masing individu dan kelompok. Sehingga sangat dibutuhkan katalisator, yaitu kebersamaan dalam perbedaan. Sebab ciri khas itu bukanlah produkkebudayaan tunggal, akan tetapi jamak, yaitu plural. Mengapa demikian, keragamanadat istiadat tidak akan sama, karena setiap individu, kelompok, dipengaruhi oleh kondisi geografis, lingkungan, adat setempat (subkultur).
Bakker: kebudayaan adalah aspek imanen yang memperkaya pribadi manusia, untuk mengisi akal, rasa dan karsa, utamakan kebenaran, keadilan, akhlak, bakti, serta menghaluskan rasa indah dan cinta kasih.
Oleh karenanya, peran Lembaga Adat Desa (LAD), menjadi sangat vital. Memang sudah dibentuk Lembaga Adat ada dibeberapa Desa di Kota Batu, akantetapi belum menunjukkan fungsi sesungguhnya. Terkait dengan penggalian sumber- sumber muatan lokal untuk dijadikan produk kebudayaan yang terukur, berwibawadan berkualitas. Sehingga dibutuhkan suatu sistem besar dari tingkat Desa, Kecamatan hingga Kota yang terkoneksi secara sistemik. Sebab diperlukan suplaydana yang cukup dari pemerintah Kota. Juga dibuatkan tugas pokok dan fungsinyaagar lebih terukur. Artinya lebih diformalkan, agar kesulitan-kesulitan yang selama ini bisa teratasi. Intinya bahwa LAD tumbuh secara sporadis dan sekertarian.
Mantap surantap semangat dan motivasi Kota Batu Wisata Sastra Budaya terwujud
Aamin ya rabbal alamin
Asyik, Ki Slamet